Home » » PERAN PERANGKAT LUNAK

PERAN PERANGKAT LUNAK

Written By muhammad ichsan on Jumat, 23 Maret 2012 | 11.19




                Computer hanyalah sekedar mesin yang tak dapat melakukan tugas yang dikehendaki pemakai sekiranya tidak didukung oleh perangkat lunak(software). Komputer bukanlah teko ajaib yang dimiliki oleh aladin, yang dapat mengeluarkan jin dan jin tersebut dapat diperintah untuk melakukan apa saja oleh tuannya.
                Perangkat lunak sesungguhnya adalah program. Sebagaimana telah anda ketahui, program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.

BERDASARKAN FUNGSINYA PERANGKAT LUNAK DAPAT DIBAGI MENJADI 2 YAITU :
  • ·         Perangkat lunak aplikasi (application software) adalh program yang bias dipake oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik; misalnya untuk membuat dokumen, memanipulasi foto, atau membuat laporan keuangan.
  • ·         Perangkat lunak system (system software) kadangkala disebut perangkat lunak pendukung atau support adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya computer, seperti CPU dan piranti masukan/keluaran. Kedudukan program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras computer.contoh perangkat lunak system yaitu system operasi (misalnya windows, linux dan mac).


PENGGOLONGAN PERANGKAT LUNAK
  • ·         Perangkat lunak komersial biasa juga disebut proprietary software adalah perangkat lunak yang dijual secara komersial. Setiap orang yang bermaksud menginstalnya harus membelinya. Jika tidak membayar berarti melakukan pembajakan perangkat lunak dan dapat dikenai sanksi hokum karena ada hak cipta. Hak cipta adalah suatu hak yang dilindungi hokum yang melarang seseorang menyalin hak atas kekayaan intelektual tanpa Izin pemegangnya.
  • ·         Rentalware adalah perangkat lunak yang bias digunakan oleh seseorang atau institusi dengan cara membayar sewa. Sewa biasanya dilakukan pertahun.
  • ·         Perangkat lunak domain-publik adalah perangkat lunak yang tdak disertai dengan hak cipta dan memungkinkan siapa saja berhak melakukan apa saja kedalam program itu.
  • ·         Shareware adalah perangkat linak yang tersedia tanpa kode sumber dan bias digunakan oleh pemakai dengan tujuan untuk dilakukan evaluasi selama masa tertentu.
  • ·         Freeware adalah perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bebas digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membayar.


TRANSLATE