Home » , , » Include,Import Dan Using Pada Pemrograman

Include,Import Dan Using Pada Pemrograman

Written By muhammad ichsan on Senin, 21 Januari 2013 | 10.18


kali ini saya akan membahas penggunaan include pada bahasa C, import pada bahasa pemrograman java dan using pada bahasa C#..

coba kalian bayangkan ketika kita ingin memasak nasi goreng..alangkah lebih mudahnya kalau kita menggunakan bumbu instan.. dengan bumbu instant kita tidak perlu lagi memberikan berbagai macam bahan untuk membuat nasi goreng.. kita tidak perlu lagi berpikir apakah nasi goreng itu memerlukan bawang,telur,kecap,merica dan bumbu lainnya..kita hanya tinggal memakainya saja..

bahasa pemrograman yang kita gunakan juga sama dengan keadaan diatas..untuk menampilkan informasi ke layar atau meminta input dari layar,kita memerlukan langkah-langkah yang rumit.. oleh karena itu setiap bahasa pemrograman itu membungkus langkah-langkah yang rumit tersebut menjadi fungsi..untuk menampilkan informasi ke layar bahasa C membungkusnya menjadi fungsi "printf()". java membungkusnya dengan fungsi "system.out.printf()". sedangkan pada bahasa C# membungkusnya dengan fungsi "console.write()".. jadi kita tidak perlu lagi melakukan langkah-langkah rumit tersebut hanya untuk melakukan menampilkan informasi ke layar..

Bahasa C : #include

karena kita akan menggunakan fungsi printf() dalam program,maka kita perlu memberitahu komputer library file yang mencatat printf().. caranya adalah menuliskan #include<stdio.h> di awal kode program kita..
ada beberapa file library yang tersedia di bahasa C yang sering di gunakan :

  • stdio.h(standar input/output) menyimpan fungsi untuk input dan output..
  • math.h menyimpan fungsi matematika seperti sin,cos,tan..
  • string.h menyimpan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan string..


Bahasa Java : import

karena kita akan menggunakan fungsi system.out.printf() dalam perogram kita..maka kita perlu memberitahu komputer library file yang mencatat system.out.printf(). caranya adalah mnulis using "java.lang.*" berarti kita berbicara pada komputer  seperti ini "eh kompi kita mau pake segala sesuatu yang berada di java.lang nih jangan lupa yah"..

berikut adalah cara penulisan (syntax)



Bahasa C# : using

karena kita akan menggunkaan fungsi console.write() dalam program kita maka kita perlu memberitahu komputer library file yang mencatat console.write(). caranya dengan menulis using system..

berikut adalah penulisan (syntax)



sekian dulu yah teman-teman..
tunggu postinga berikutnya yah,,
jangan lupa klik iklan pada blog ini untuk membantu blog ini tetap hidup..
wassalam

TRANSLATE