Home » , » Perintah Perulangan Pada Java

Perintah Perulangan Pada Java

Written By muhammad ichsan on Sabtu, 19 Januari 2013 | 23.42

perintah perulangan/loop statement adalah perintah untuk mengulang satu atau lebih statement sebanyak beberapa kali. loop statement digunakan agar kita kita tidak perlu menuliskan satu atau sekumpulan statement berulang-ulang. dengan demikian tingkat kesalahan pengetikan dapat di kurangi. dalam bahasa Java setidaknya ada 3 macam perintah perulangan yamg umum di gunakan :

  • perintah for()
  • perintah while()
  • perintah do while()

  • perintah for ()
berikut ini adalah cara penulisan(syntax) dari perintah for :



inisialisasi adalah nilai tempat dimana kita akan memberikan nilai awal pada variabel counter (variabel yang digunakan untuk menghitung jumlah perulangan).
syarat perulangan adalah syarat yang harus di penuhi agar perulangan tetap dilakukan. perubahan nilai adalah perubahan yang akan di lakukan pada tiap putaran untuk menjamin bahwa perulangan tersebut tidak akan berlangsung terus menerus..

perintah for biasa di gunakan untuk melakukan perulangan sebanyak jumlah yang telah di ketahui. contoh : saya akan menampilkan angka 100 sebnayak 1000 kali. untuk melakukan hal tersebut, maka kode program yang perlu saya tulis di dalam fungsi utama (fungsi main( )) adalah :




maka akan muncul tulisan "saya membuat blog" sebanyak 1000 kali..

untuk perulangan for sampai disini..
untuk perulangan while dan do while akan saya jelaskan di kemudian waktu..
sekkian dan terima kasih..
wassalam..

TRANSLATE