Home » » PENGERTIAN YAHOO ZIMBRA

PENGERTIAN YAHOO ZIMBRA

Written By muhammad ichsan on Minggu, 25 Maret 2012 | 10.30




YAHOO ZIMBRA pada dasarnya aplikasi ini merupakan sebuah webmail interface yang terinstal secara local pada computer para pengguna akun yahoo mail. Aplikasi ini dapat mensinkronisasi semua email dan daftar kontak para pengguna web. Zimbra merupakan email server yang dilengkapi dengan beberapa fitur yang cukup lengkap pada webmail clientnya untuk memenuhi kebutuhan pengguna email. Fitur-fiturnya juga dapat ditambahkan dengan menggunakan fasilitas Zimlet,sejenis plugin, yang dapat ditambahkan atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan kita sendiri. Sebenarnya aplikasi ini merupakan kolaborasi dengan beberapa aplikasi lainnya seperti Apache Jetty,Postfix,OpenLDAP dan MySQL, Kolaborasi inilah yang menghasilkan yahoo zimbra yang power full yang di lengkapi dengan anti virus dan anti spam. Yahoo Zimbra ini merupakan aplikasi yang open source yang dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja. Yahoo zimbra ini juga dapat melakukan pengelompokan email berdasarkan pengirim mengelola daftar kontak dll. Singkatnya apa yang dapat dilakukan di yahoo mail versi web juga dapat dilakukan dalam yahoo zimbra desktop ini.
Zimbra Desktop, dimana pengguna Yahoo mail dapat memeriksa data e-mailnya walaupun tidak terkoneksi dengan internet. Aplikasi Zimbra dapat melakukan aktivitas word processing dan spreadsheets, task management dan file storage pada saat koneksi internet terputus. Layanan ini pernah diluncurkan oleh Google, produknya diberi nama Gears Project merupakan aplikasi open source untuk pengguna Gmail agar dapat melakukan aktivitas dalam keadaan koneksi internet tidak terkoneksi.
            Zimbra Desktop lebih unggul dari Gears Project karena memiliki teknologi browser Web dengan menggunakan interface Ajax. Dengan teknologi Ajax browser Web dapat meload beberapa interface saja, sehingga selain menghemat bandwith juga mempercepat browsing.
            Tampilan dari Zimbra Desktop memiliki desain yang user interface seperti Microsoft Outlook atau Mozilla Thunderbird. Zimbra Desktop ini tersedia dan dapat di jalankan untuk sejumlah sistem operasi atau platform, seperti Microsoft Windows, Mac OS 10.4 Tiger, Mac OS 10.5 Leopard, Red Hat Enterprise Linux 5, Red Hat Enterprise Linux 4, Red Hat Fedora 7, Debian 4, Ubuntu 6.06 LTS, dan openSUSE Linux 10.2, SUSE Linux Enterprise Server 10.
Apa lagi kalau web untuk sekedar mengecek email baru yang masuk ke dalam account saja anda harus menghubungkan pc anda ke jaringan itu kan sangat merepotkan apalagi kalau anda hanya ingin melihat email cinta yang pernah masuk ke dalam account anda. para pengguna internet mempunyai banyak account email maka yahoo zimbra desktop ini sangat cocok. Para orang tidak perlu lagi login satu persatu lewat internet lagi untuk hanya melihat email yang ada pada account kita.

KELEBIHAN DARI YAHOO ZIMBRA

1.     ClamAV adanya antivirus yang dapat melindungi email dari searanga virus yang dapat menghilangkan data.
2.     Dapat mengakses email walaupun account dalam keadaan offline.
3.     Spam Asasin mail filter yang mengidentifikasi adanya spam pada account.
4.     Zimbra menggunakan aplikasi open source openLDAP sebagai active directory server, menyediakan autentikasi user, masing-masing account yang terdapat pada zimbra mempunyai mailbox yang berbeda dengan program email yang lain dan ID untuk mengidentifikasi account.
5.     Terdapat alat untuk syslog penggabungan,pelaporan,pelacak pesan.
6.     Dapat berjalan pada service port RQM 22, postfix 25, HTTP 80, POP3 110, IMAP 143, LDAP 389, HTTPS 443 dll.
7.     Zimbra ini dapat di install pada semua system operasi yang ada pada pc sekarang ini tapi yang umumnya lebih banyak digunakan pada SO linux.
8.     zimbra ini sangat unggul dari beberapa program lainnya yang ada pada saat ini.
9.     Kita dapat menambahkan beberapa fitur lainnya yang dapat mengoptimalkan akses email kita.

Kekurangan pada yahoo zimbra

1.     Aplikasi ini agak berat pada penggunaan AJAXnya.
2.     Biasa terjadi error pada javascriptx kalau bandwitch yang digunakan agak sedikt.
3.     Adanya kesulitan pada saat penginstalan pertama pada SO linux.
4.     Yahoo zimbra ini agak susah untuk di pahami dalam apalagi yang menggunakan IE 6, IE 7.



TRANSLATE